Damkar Jember Evakuasi Ular Phyton Di Selokan Air

Comment706 views
  • Share

Jember, Kuasarakyat.com – Peristiwa heboh terjadi di wilayah Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Ditemukan ular phyton yang berada diselokan salah satu sekolah PAUD, Minggu (9/6/2024).

Kejadian ini bermula ketika Ribut Siswanto, (43) warga yang kebetulan rumahnya berada di lingkungan PAUD Sedap Malam 28 dusun Kluncing Utara Desa Patemon Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.

Melihat saluran air di depan rumahnya tersumbat, setelah dilakukan pengecekan ternyata ada gundukan yang menyumbat diduga ular. Setelah dipastikan melihat melalui lampu sorot akhirnya dipastikan bahwa itu ular.

“Sekitar jam 5 pagi mas saya mau bersih bersih, kok selokan depan rumah buntu airnya. Saya check ada kayak yang menyumbat, setelah saya terangi pakai senter (lampu sorot). Ternyata ada ular, soalnya bergerak gerak mas,” kata Ribut Siswanto.

Selanjutnya, Ribut melaporkan kejadian ini ke pihak Damkar Jember, dan selang beberapa menit petugas Damkar datang ke TKP.

“Saya lapor ke Damkar Jember, sekira jam 06.00 wib petugas damkar datang ke rumah saya. Tadi agak sulit karena ular nya di dalam selokan mas,” imbuhnya.

Sementara itu, komandan Damkar Dwi Atmoko mengatakan bahwa berkat kerja keras timnya berhasil mengevakuasi ular berjenis phyton. Dan mengamankan ke Mako Damkar.

“Sekira waktu jam 08.00 wib kami bersama tim berhasil mengeluarkan ular phyton atau sanca kembang dari dalam selokan air ini mas. Setelah dilakukan pengukuran ular tersebut memiliki panjang 4,5 meter dengan bobot estimasi hampir 40 Kilogram,” ungkap Dwi Atmoko.

“Selanjutnya kami membawa ular tersebut ke Mako Damkar. Dan kami akan menyerahkan ular tersebut ke BKSDA untuk di lepas liarkan. Bagi masyarakat yang membutuhkan jasa kami, boleh menghubungi Damkar Jember dan tanpa dipungut biaya,” tutupnya. (Gusti)

Comment706 views
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.