Diduga Hasil Curian, Warga Lereng Gumitir Temukan Motor Beserta Beberapa Karung Biji Kopi

Comment119 views
  • Share

Jember, Kuasarakyat.com – Warga lereng gunung Gumitir di Kabupaten Jember dihebohkan dengan penemuan sebuah kendaraan bermotor yang tergeletak di lahan kebun kopi milik warga. Diduga kendaraan bermotor ini milik pelaku yang diduga hendak mencuri biji kopi milik korban.

Kendaraan ini diketahui setelah ada perangkat desa bersama warga yang sedang berpatroli keliling kebun kopi satu persatu, di Dusun Curah Damar Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, Rabu malam (10/7/2024).

Selain mengamankan sebuah kendaraan bermotor berjenis Yamaha Jupiter, mereka juga mengamankan jaket, baju dan 3 karung biji kopi diduga hasil kejahatan.

Kepala Desa Sidomulyo Kamiludin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi Rabu malam dan sebenarnya pelaku sempat diketahui salah satu warga, namun kabur.

 

“Saya mendapat laporan memang benar ada peristiwa itu mas semalam. Ketua RT bersama warga yang berkeliling mencurigai ada kendaraan bermotor di kebun malam malam, ketika hendak digrebek terduga pelakunya kabur mas. Lokasi tepatnya di dekat pemancar antena TVRI mas,” ungkap Kamiludin, Kamis (11/7/2024).

Kamiludin menambahkan memang kondisi lahan kopi rentan dicuri oleh maling, mengingat harga biji kopi sedang naik daun. Pihak Desa sudah memberikan himbauan larangan masuk ke hutan.

“Sekitar Rp 73 ribu per Kg, jadi rentan biji kopi ini untuk dicuri. Kami menghimbau warga untuk selalu waspada dan menjaga (lahan) kopi masing-masing. Upaya kami (pemerintah Desa Sidomulyo), juga dengan memasang banner bersama LMDH Sidomulyo. Tentang larangan masuk area hutan maksimal pukul 5 sore (17.00 WIB). Sebagai langkah antisipasi,” sambungnya.

Lebih lanjut kata Kades, pihak pemerintah desa sudah membuat laporan polisi secara resmi. Dan beserta barang bukti sudah diserahkan ke polisi.

“Kami juga langsung koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di kantor desa untuk memburu pelaku. Apakah warga setempat atau dari luar desa. Untuk aksi pencurian kopi ini, kami menduga pelakunya lebih dari satu orang. Tapi yang kami amankan masih satu motor ini,” tutupnya.

Terkait kejadian dugaan pencurian biji kopi ini, pihak kuasarakyat.com berupaya menghubungi Kapolsek Sempolan (Silo) AKP M. Na’i namun beberapa kali dihubungi lewat telpon maupun aplikasi WhatsApp belum ada jawaban. (Gusti)

Comment119 views
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.