Hadiah Lomba Gerak Jalan Lingkot Jember Zonk, Peserta : Tahun Depan Gak Usah Ikut Lagi

Komentar3.457 views
  • Bagikan
Bupati Jember H. Hendy Siswanto didampingi jajaran Forkopimda saat melepas peserta gerak jalan Lingkot beberapa waktu lalu

Jember, kuasarakyat.com – Pelaksanaan lomba gerak jalan Lingkot (Keliling kota) Jember tingkat SD, SMP dan SMA yang digelar pada Minggu 14 Agustus 2022 lalu, ternyata menyimpan kekesalan peserta gerak jalan, terutama yang telah ditetapkan sebagai juara.

Bagaimana tidak, pelaksanaan yang sudah berlalu 1 bulan lebih tersebut, dan sudah ditetapkan juaranya, namun sampai saat ini hadiah dari Panitia lomba tidak kunjung diberikan, bahkan group whatsapp gerak jalan yang dibentuk oleh Dispendik Jember, pasca pengumuman pemenang, langsung bubar dan ditinggalkan oleh sejumlah panitia.

“Iya hadiahnya gak jelas, uang pembinaan, Trophy maupun sertifikat sampai saat ini tidak ada kabar, bahkan saat sudah diumumkan peserta gerak jalan yang menjadi juara, dan beberapa sekolah menanyakan kapan pembagian hadiah, panitia dari Dispendik malah keluar meninggalkan group whatsaap, sehingga informasi tentang penyerahan hadiah langsung tertutup,” ujar KF salah satu guru pembina gerak jalan Sabtu (24/9/2022).

Bahkan menurut KF, pembina lainnya sampai marah-marah di group, karena tidak ada tanggapan atau respon dari pihak panitia lomba gerak jalan, padahal selama ini sekolah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit serta waktu dan tenaga yang menyita waktu untuk menyiapkan siswa yang akan mengikuti lomba gerak jalan tersebut.

“Sebenarnya kalau cuma biaya yang dikeluarkan sekolah baik selama latihan maupun usai pelaksanaan, bukan sebuah masalah bagi sekolahan, memberikan bonus kepada siswa yang ikut lomba pun kami bisa, tapi feedback dari panitia dalam hal ini Pemkab Jember kok tidak ada sama sekali, baik berupa sertifikat maupun piagam, padahal ini penting bagi kami, bukan soal biaya cetak sertifikatnya, tapi nilai kebanggan bagi sekolah yang sudah juara apalagi tingkat Kabupaten,” jelas KF.

Dari percakapan di group gerak jalan lingkot yang ditunjukkan KF kepada wartawan, group tersebut nyaris tidak ada aktifitas pembahasan seperti sebelum pelaksanaan lomba, selain umpatan-umpatan sekolah yang menjadi juara dalam lomba gerak jalan Lingkot.

Tidak hanya KF, kekecewaan juga berasal dari BB salah satu Pembina sekolah di tingkat SMA, BB merasa kecewa dan percuma ikut lomba gerak jalan Lingkot. “Percuma ikut Lingkot gak dapat hadiah, hadiahnya dibawa kabur sama panitia tidak bertanggung jawab, katanya ada hadiahnya, tapi saat saat chat pribadi tidak ada respon dari panitia, mending tahun depan tidak usah diadakan lagi,” ujar BB.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Jember Suko Winarno SH. S.Pd, saat dikonfirmasi terkait kekecewaan pembina gerak jalan sekolah sudah ditetapkan sebagai juara namun tidak mendapatkan hadiah mengatakan, bahwa pihaknya belum mengetahui soal ini, pihaknya selaku penanggung jawab dalam kegiatan tersebut akan menanyakan ke bagian lomba. “Saya tanyakan dulu ke anggota saya, seingat saya itu hadiahnya sudah tersedia,” ujar Sukowinarno.

Namun tidak lama setelah itu, Kepala Dispendik menyatakan, bahwa hadiah uang tunai beserta trophy dan juga piagam akan diberikan secara langsung bersamaan dengan hadiah untuk lomba carnaval.

“Maaf mas, setelah saya cek lagi ternyata baik lomba gerak jalan Lingkot atau Carnaval, hadiahnya diserahkan secara tunai dan diagendakan akan diberikan pada Kamis 29 September mendatang,” ujar Sukowinarno.

Dari data yang diterima media ini, lomba gerak jalan untuk tingkat SD dan MI, untuk kelompok Putra SDN Tegalwangi 04 Umbulsari sebagai juara 1, kemudian disusul SDN Tamansari 02 Mumbulsari sebagai juara 2 dan SDN Sidomekar 02 Semboro sebagai juara 3, sedangkan untuk kelompok putri, Juara 1 di menangkan oleh SDN Gambirono 03 Bangsalsari, SDN Mayangan 01 Gumukmas sebagai juara 2 dan SDN Kemuninglor 02 Arjasa sebagai juara 3.

Untuk tingkat SMP dan MTs, gerak jalan lingkot kelompok Putra SMP Negeri 2 Jember menempati juara 1, SMPN 3 Jember juara 2 dan SMP N 2 Kalisat sebagai juara 3, sedangkan untuk kelompok Putri, juara 1 diraih oleh SMPN 2 Jombang, juara 2 MTs Darul Ulum Gumukmas dan juara 3 SMP Negeri 1 Tanggul.

Sedangkan ditingkat SMA/MA dan SMK, untuk kelompok Putra juara 1 diraih oleh SMA Negeri 1 Kencong, juara 2 SMA N Mumbulsari, dan juara 3 SMA N Rambipuji. Untuk kategori kelompok putri, juara 1 diraih oleh SMK Plus Al Mujahidi Gumukmas, juara 2 diraih oleh SMK Darus Sholihin Puger dan juara 3 diraih oleh SMA Negeri 2 Tanggul. (Ma)

Penulis: Makrus
Komentar3.457 views
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.