Sah! PKB Rekom Gus Haris-Ra Fahmi di Pilkada Kabupaten Probolinggo

Comment504 views
  • Share

PROBOLINGGO, kuasarakyat.com – DPP PKB resmi mengusung Gus Haris dan Ra Fahmi sebagai calon bupati dan wakil bupati Probolinggo dalam Pilkada 2024. Kepastian itu diperolah Minggu (30/6/2024) petang.

Surat rekomendasi DPP PKB diserahkan langsung oleh Ketua Bapilu Desk Pilkada PKB, Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim, kepada Gus Haris dan Ra Fahmi di Jakarta, sekitar pukul 18.30 WIB.

Gus Haris atau dr. Muhammad Haris merupakan figur dari Ponpes Zainul Hasan Genggong. Sementara Ra Fahmi atau Fahmi Abdul Haq Zaini, merupakan politisi muda dari Ponpes Nurul Jadid.

Ra Fahmi merupakan Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, parpol dengan perolehan suara terbanyak dalam Pileg 14 Februari 2024, pemilik 9 kursi di DPRD kabupaten setempat berkat dukungan 132.266 pemilih.

Sementara Gus Haris merupakan penasihat Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo. Dalam Pileg 2024, parpol berlambang burung garuda ini memperoleh 9 kursi DPRD kabupaten setepat berkat dukungan 125.597 pemilih.

Wakil Sekretaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Muchlis membenarkan turunnya rekomendasi kepada dua figur tersebut.

“Ya benar, rekom paslon (pasangan calon, Red) sudah di serahkan oleh DPP PKB ke Gus Haris dan Ra Fahmi,” kata Muchlis saat dikonfirmasi Minggu malam.

Dengan turunnya rekom itu, DPP PKB merestui pencalonan Gus Haris sebagai bakal calon bupati dan Ra Fahmi sebagai calon wakil Bupati Probolinggo dalam Pilkada Serentak yang akan digelar November 2024.

Dukungan Politik Melimpah

Dukungan untuk Gus Haris dan Ra Fahmi dalam pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Probolinggo tak hanya datang dari PKB dan Gerindra. Sejumlah parpol parlemen maupun non parlemen juga telah menyatakan dukungan.

Partai Golkar, parpol dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Probolinggo berkat dukungan 122.030 pemilih pada Pileg 2024 telah menyatakan dukungan untuk Gus Haris. Partai beringin memperoleh 10 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo.

Dukungan juga datang dari PPP, yang memiliki 6 kursi di DPRD setempat, hasil dari Pileg 2024. Ada pula PKS, pemilik 1 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo yang telah menyatakan dukungan.

Dukungan dari parpol-parpol tersebut membuat Gus Haris telah mengantongi dukungan 35 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo. Itu lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada 2024.

Sesuai regulasi, pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Probolinggo harus didukung paling sedikit 20 persen kursi legislatif. Dengan kuota kursi sebanyak 50, angka 20 persen itu setara dengan 10 kursi DPRD.

Dukungan juga datang dari delapan parpol non parlemen yang tergabung dalam GASPOL, akronim dari GAbungan Suara Partai nOn parLemen. Delapan parpol itu turut mendukung Gus Haris.

Delapan parpol yang bersatu dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Probolinggo 2024 itu, terdiri dari Partai Demokrat, Partai Gelora, PSI, Partai Perindo, PKN, Partai Hanura, PBB dan Partai Ummat. (*)

Comment504 views
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.