Warga Balung Impor Pelaku Rampok dari Lampung, Eh Baru Beraksi Sudah Dibedil

Comment3,329 views
  • Share

Jember, kuasarakyat.com – Aksi perampokan kembali terjadi di Jember, tepatnya di rumah Susiyati (45) warga Desa Dukuh mencek Sukorambi Jember pada Senin (25/9/2023), beruntung gerak cepat Tim Kalong Satreskrim Polres Jember berhasil menangkap 4 pelaku pada Rabu (27/9/2023) dinihari.

Para pelaku yang diketahui bernama Hendra Adi Setiawan (43) sekaligus sebagai otak dari para pelaku, merupakan warga asal Dusun Karang Anyar Desa Balung Lor Balung Jember, sedangkan 3 pelaku lainnya yang di ‘Impor’ oleh Hendra adalah Darma Suwandi asal Sukarame Lampung Kota Bandar Lampung. Kemudian Ayek Kusumah warga Karang Asem Cibeber Kota Cilegon Banten dan Umat warga Serang Banten.

Kapolres Jember AKBP. Moh. Nurhidayat SIK. SH. MH., kepada wartawan menyatakan, bahwa modus yang dilakukan pelaku, adalah menyatroni rumah korbannya terlebih dahulu, kemudian ketika kondisi sudah sepi, pelaku mendatangi korban, dengan pura-pura membeli buah.

 

“Modus pelaku sebelum menjalankan aksinya, terlebih dahulu melakukan pengintaian rumah korban, ketika kondisi sudah sepi, pelaku mendatangi korban, dengan terlebih dahulu ber pura-pura membeli buah, ketika korban keluar, pelaku langsung menyekap korban dan mengacak-acak rumahnya dan mencari barang berharga untuk dibawa kabur,” ujar Kalokres Jember.

Kapolres menambahkan, dari peristiwa perampokan yang terjadi pada Senin malam, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan, dan pelaku dapat diketahui dari kendaraan yang dibawanya, berada di rumah kontrakan yang ada Desa Balung Lor, dimana mobil oelaku terdetwksi dari CCTV yang ada si sekitar lokasi.

“Pertama yang diamankan adalah 3 pelaku yang tinggal di kontrakan, sedangkan Hendra selalu otak dari aksi perampokan ini, diamankan dirumahnya sendiri nyang ada di seberang rumah kontrakan lelaku lainnya,” jelas Kapolres.

Bahkan saat dilakukan penggerebekan, ke 4 pelaku juga merencanakan aksi perampokan susulan di Balung, namun saat digelandang, kawanan tersebut melawan dan hendak melarikan diri, sehingga petugas melakukan tindakan tembakan terukur di kaki pelaku.

 

Ketikan disinggung apakah ada kaitannya dengan pelaku perampokan sebelumnya di Balung? Mengingat saat itu juga ada pelaku dari Lampung dan juga Banten.

Kapolres menegaskan, akan mendalami dan mengembangkannya, “masih akan kami dalami dan kami kembangkan, apakah kedua komplotan ini masih ada kaitan,” pungkas Kapolres (Ma)

Comment3,329 views
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.