Terekan CCTV Saat ‘Ngutil’ Rokok, 2 Pria Asal Balung Diringkus Polisi

Komentar5.139 views
  • Bagikan

Jember, kuasarakyat.com – Hasyim (42) dan Sanadi (34) keduanya warga desa Balung Lor Kecamatan Balung Jember, harus meringkus dibalik jeruji besi sel Mapolsek Balung Jember, hal ini setelah keduanya terbukti dari rekaman CCTV telah melakukan pencurian rokok di gudang milik Toko Sinar Baru yang ada di desanya.

Bahkan akibat dari aksi ‘ngutil’ nya ini korban mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah, atau tepatnya sekitar Rp. 50.790.000. hal ini dikarenakan barang bukti yang diambil oleh kedua pelaku diantaranya 4 bal rokok Surya yang berisi 80 slop, 1 bhal rokok Pro Mild berisi 10 slop, 9 slop rokok topas, 1 kardus rokok surya 12, serta uang tunai RP. 7 juta rupiah.

Menurut Kapolsek Balung AKP. Sunarto, aksi pelaku saat mencuri rokok dilakukan sebanyak 2 kali, dimana aksi pertama dilakukan pada bulan April lalu, dimana pada aksi pertamanya ini, kedua pelaku berhasil menggondol berbagai macam merek rokok senilai Rp. 39 juta lebih, akan tetapi oleh korban kejadian pertama ini tidak dilakukan laporan ke polisi.

Rupanya aksi diam korban, dimanfaatkan oleh pelaku untuk mengulangi aksinya pada Senin (3/10/2022), korban yang saat itu masuk ke dalam gudang tempat menyimpan rokok, merasa terkejur melihat genting yang ada di atas gudang terbuka cukup lebar, tidak hanya itu, korban juga mengetahui jika 1 dos rokok merek Surya 12 Gudang Garam juga tidak ada ditempat, sehingga korban melakukan pengecekan pada rekaman CCTV.

“Saat dilihat dari rekaman CCTV dan mengenali pelakunya, korban langsung lapor ke kami dengan membawa bukti rekaman CCTV, setelah kami lakukan penyelidikan, kami melihat 1 pelaku dengan inisial HS (Hasyim) berada ada dirumahnya, sehingga kami amankan dengan mudah,” ujar Kapolsek Balung AKP. Sunarto Selasa (4/10/2022).

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Hasyim, diketahui jika pelaku tidak sendirian dalam menjalankan aksinya, ia bersama dengan Sanadi, sehingga pihaknya langsung menjemput Sanadi dirumahnya untuk diamankan.

“Pelaku kita jeras dengan pasal 363 KUHAP ayat 1, dengan ancaman penjara selama-lamanya 7 tahun,” pungkas Kapolsek.

Selain mengamankan barang bukti rokok dalam jumlah besar, polisi juga mengamankan 1 unit sepeda motor Yamaha vega warna biru putih Nopol : P 5740 PJ milik pelaku yang digunakan sebagai sarana melakukan tindak pidana pencurian. (Ma)

Penulis: Makrus
Komentar5.139 views
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.